Paskibra JT

Paskibra Jakarta Timur

Paskibra dan Purna Paskibraka Jakarta Timur adalah suatu wadah kegiatan pemuda di Jakarta Timur.

Paskibra Jakarta timur adalah suatu wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda khususnya di Jakarta Timur yang bersifat kesiswaan dan tidak terkait dengan kegiatan Organisasi Kemasyarakatan dan kegiatan Organisasi Sosial dan Politik. Paskibra Jakarta Timur berdiri karena diawali oleh keinginan dari alumni Pemandu Siswa pada tahu 1983 yang pesertanya tediri dari para pengurus OSIS SLTA se-Jakarta Timur. Beberapa alumni Pemandu Siswa berasal dari SMA Negeri 42, SMA Negeri 53, SMA Negeri 54, SMA Negeri 59, SMA Negeri 61, SMA Negeri 62, SMA Negeri 64, SMA Negeri 51, serta SMA Yappemri yang di koordinir oleh Kak Suprapto (alumni SMA Negeri 54) yang apda saat itu adalah seorang mahasiswa AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan), beliau berkeinginan untuk menyatukan para siswa dan siswi pelajar yang ada di Jakarta Timur melalui suatu wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang bersifat kesiswaan dan tidak terpengaruh pada kegiatan ORMAS ataupun ORSOSPOL, dengan tujuan :

  1. Agar dapat mencegah meningkatnya kenakalan remaja pada saat itu.
  2. Keinginan untuk menggalang persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar se – Jakarta Timur
  3. Menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada para pelajar
  4. Agar dapat membentuk karakter para pemuda sebagai generasi penerus cita – cita bangsa
  5. Kemudian agar tata upacara kenegaraan dapat dilaksanakan dengan baik oleh para pelajar.

Keinginan ini di dukung oleh Kasi Binmudora Depdikbud Jakarta Timur dan Ketua Harian  Gelanggang Remaja Jakarta Timur yaitu Bpk. Sulaeman Hariadi atau yang biasa di panggil Ka’Le, kemudian memberikan sebuah ruangan kecil dibawah kantor Kepada Gelanggang Remaja untuk sekretariat. Nama “Paskibra Jakarta Timur” tercetus akibat ketidaksengajaan seorang MC upacara memanggil sekumpulan siswa dan siswi yang berasasl dari Pemandu Siswa pada saat, menjadi petugas upacara pada suatu upacara hari besar di kantor Walikotamadya Jakarta Timur mulai pada saat itu tepatnya tanggal 11 Maret 1984 resmi berdiri wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda, khususnya pelajar se – Jakarta Timur dengan nama Paskibra Jakarta Timur.

Itu tadi sekilas tentang organisasi Paskibra Jakarta Timur, saya adalah satu dari sekian ratus atau mungkin sekian ribu orang yang sudah pernah aktif dan  merasakan berkegiatan di Paskibra Jakarta Timur. Menurut saya Paskibra Jakarta Timur adalah organisasi yang sangat unik dan satu – satunya organisasi khususnya yang berpusat pada kegiatan khususnya paskibra dan pembinaan pemuda, karena Paskibra Jakarta Timur adalah satu – satunya wadah kegiatan Paskibra yang memiliki segudang kegiatan dan pembinaan yang di persembahkan untuk para pemuda khususnya di “Jakarta Timur”.

Paskibra Jakarta Timur memiliki 5 jenjang pembinaan untuk para anggotanya, Pembinaan Paskibra merupakan suatu rangkaian pendidikan dan latihan (diklat) yang dibentuk dari suatu tahap pembinaan atau yang disebut juga tingkatan. Pola pembinaan yang dilakukan pada setiap tahap meliputi pembinaan fisik, mentalitas serta pengembangan kemampuan intelektual. Untuk mengembangakn kemampuan tersebut maka dibuat suatu rangkaian pembinaan yang bersifat berjenjang, bertingkat, dan berkelanjutan. Berjenjang berarti memiliki tahapan dalam tiap pembinaannya. Bertingkat adalah berkesinambungan dari tahap awal sampai dengan tahap akhir. Agar dalam pelaksanaan rangkaian pembinaan dapat sesuai dengan arah dan tujuan, maka dibuatlah Pedoman Dasar Pembinaan Paskibra Jakarta Timur untuk dapat dimengerti oleh semua pihak. yaitu :

1.         Pembinaan Mula

Pembinaan Mula adalah diklat terhadap siswa/calon Paskibra yang dilaksanakan di sekolah. Tujuannya untuk mengenalkan siswa tentang dasar-dasar kepaskibraan serta tugas dan tanggung jawab siswa di sekolah sebagai anggota Paskibra. Setelah mengikuti diklat siswa mendapat Paskibra Sekolah.

2.         Pembinaan Dasar

Pembinaan Dasar adalah diklat terhadap anggota Paskibra Sekolah yang masih masih berstatus pelajar dan dilaksanakan oleh PPI Kotamadya Jakarta Timur. Tujuannya agar siswa dapat menguasai pelaksanaan sistem Tata Upacara Bendera, Perlakuan Terhadap Sang Merah Putih serta Peraturan Baris Berbaris di sekolah. Pada tahap ini juga dilakukan pembinaan dasar-dasar kepemimpinan. Setelah mengikuti diklat siswa mendapat predikat Siswatama Paskibra.

3.         Pembinaan Menengah

Pembinaan Menengah adalah diklat terhadap anggota Siswatama Paskibra dan peserta seleksi Paskibraka yang telah lulus seleksi di tingkat Wilayah Jakarta Timur, masih berstatus pelajar, dan dilaksanakan oleh PPI Kotamadya Jakarta Timur. Tujuannya untuk mempersiapkan siswa sebgai pelatih guna membina dan mengembangkan Paskibra di sekolah. Setelaj mengikuti diklat, siswa mendapat predikat Siswatama Gladian Central. Khusus untuk peserta seleksi Paskibraka, sebelum mengikuti diklat pembinaan lanjutan terlebih dahulu wajib mengikuti persamaan materi.

  1. 4. Pembinaan lanjutan

Pembinaan Lanjutan adalah diklat terhadap Gladian Central dan telah menyandang predikat Purna Paskibra Indonesia yang diselanggarakan oleh PPI kotamadya Jakarta Timur. Tujuanya adalah pembetukan pelatih paskibra dan paskibraka serta dalam kaderisasi di dalam tubuh organisasi. Setelah predikat ini siswa mendapat predikat Asisten instruktur.

5.        Pembinaan Terapan

1.         Tahapan Pertama

Pembinaan Terapan Tahap Pertama adalah terhadap Asisten  Instruktur yang diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas terhadap kualitas diklat Paskibra dan Paskibraka. Asisten Instruktur yang mendapat kewenangan tersebut berdasarkan penilaian tertentu diangkat menjadi Instruktur Muda. Pengangkatan tingkatan Instruktur Muda ditentukan oleh tim penilai.

2.        Tahapan Kedua

Pembinaan Terapan Tahap Kedua adalah terhadap Instruktur Muda yang oleh karena pengalaman, kemampuan, keahlian dan pengetahuannya maka dijadikan sebagai nara sumber dalam pembinaan Paskibra dan Paskibraka. Instruktur yang berdasarkan penilaian tertentu telah memenuhi persyaratan tersebut diangkat menjadi Instruktur. Pengangkatan tingkatan Instruktur  ditentukan oleh tim penilai.

Huaaaa,,:-) banyakkan kegiatannya… Yang diatas tu sie cuman sebagian kecil aja (klo dicritain panjang bener),,Buat temen – temen anggota paskibra di seluruh Indonesia yang masih penasaran ato pengen tau lebih banyak segala macam pembinaan, bentuk latihan, dan pengen nambah temen dari Paskibra Jakarta Timur, mampir aja ke Sekretariat Dewan pimpinan wilayah Purna Paskibraka Jakarta Timur di :

Gelanggang Remaja Jakarta Timur (GRJT)

Jalan Otto Iskandardinata No. 121 Kp. Melayu Kec. Jatinegara Jakarta Timur

Tlp : 021 – 85913316

Responses

  1. waahh.. ka deny… keren keren di bikin web nya ttg paskibra jt

    sukes kaa..

  2. paskibra jakarta timur berjiwa satria. tidak pernah mengenal keluh kesah.apapun rintangan selalu dihadapi maju pantang mundur itulah semboyan nya. paskibra

    • hahaha… mantap lah…

  3. mau tanya2 tentang jadwal kegiatan paskibraka jt 2012…
    mulai seleksi kapan dan ad agenda paan ja selama 2012 nh…
    agar bisa diinfokan ke paskibra skolah…
    mohon infonya…

    email: flameofmaul@yahoo.com

    • seleksi tingkat kecamatan di perkirakan tanggal 7 April 2012…

      Kemudian dilanjutkan kembali, dengan seleksi tingkat Kota tanggal 13,14,15 April…

      Semoga sukses…

  4. ada sman 64 gak berapa siswa dari siswa sman 64


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: